Skip to content Skip to sidebar Skip to footer

Widget Atas Posting

Diet Mediterania, Diet Terbaik untuk Mulai Hidup Sehat di 2019

Diet Mediterania, Diet Terbaik untuk Mulai Hidup Sehat di 2019- Menjalani gaya hidup lebih sehat jadi resolusi kamu di 2019? Maka kamu perlu mencoba diet yang satu ini.


Diet Mediterania, digadang-gadang sebagai diet terbaik untuk dilakukan di 2019, menurut para ahli. Berdasarkan laporan dari US News and World, dari 41 metode diet yang dianalisa, diet Mediterania selalu berada di urutan teratas dari sejumlah kategori penelitian.

Diet Mediterania dinyatakan sebagai diet terbaik untuk pola makan sehat, diet terbaik berbasis sayur-sayuran, diet terbaik untuk penderita diabetes dan diet yang paling mudah diikuti. Apa saja keistimewaan dari diet Mediterania dan bagaimana menjalaninya?

Diet yang terinspirasi oleh gaya hidup orang-orang yang tinggal di cekungan Mediterania seperti Italia, Yunani dan Spanyol ini memiliki konsep hanya mengonsumsi bahan makanan alami dan menghindari semua nutrisi buatan. Metode ini mengharuskan kamu mengonsumsi whole food dan menghindari produk makanan olahan.

BACA JUGA: Hidup Sehat yang Mudah Dilakukan

Whole food adalah makanan yang diolah dari bahan-bahan segar. Bukan produk dalam kemasan maupun yang dibekukan. Misalnya saja jus yang terbuat dari sayur dan buah segar yang diblender, bukan yang sudah siap saji dalam kemasan kotak atau botolan.

Dituturkan oleh penulis 'Lose: A Complete Guide to Weight Loss for Runners' Pamela Nisevich Bede, diet Mediterania merupakan pola makan yang banyak memasukkan sayuran, buah, biji-bijian, kacang-kacangan dan ikan dalam menu harian. Semua bahan makanan tersebut kaya akan asam lemak omega 3, vitamin dan mineral yang tak hanya baik bagi kesehatan secara keseluruhan, terutama jantung, juga bisa membantu mencegah gangguan kesehatan mental seperti depresi.

Ditambahkan pakar diet Rahaf Al Bochi, "Ini lebih dari sekadar diet, tapi gaya hidup. Diet ini membuat kamu ingin makan bersama teman dan keluarga, bersosialisasi saat makan, konsentrasi saat menyantap makanan favoritmu juga mendorong kamu untuk berolahraga untuk menjalani gaya hidup sehat yang komplit."

Bagaimana cara menjalani diet Mediterania supaya tubuh lebih sehat dan berat badan ideal di 2019? Ini 8 hal yang perlu diperhatikan, seperti dikutip dari Mediterranean Diet.

1. Hindari Semua Produk Makanan Olahan
Hal ini merupakan aturan dasar diet Mediterania. Dalam makanan olahan pabrik, terdapat lemak trans yang dapat meningkatkan kolesterol dan dicurigai bisa menyebabkan kanker. Di Amerika Serikat, produsen makanan olahan harus menerangkan secara rinci jumlah lemak trans pada produknya, namun di negara-negara lain hal ini belum dilakukan.

2. Hindari Minuman Olahan
Seperti makanan olahan pabrik, kamu juga harus menghindari minuman buatan dengan gula atau pemanis. Minumlah air putih sebanyak mungkin dan beberapa jus buah segar seperti jeruk yang diperas atau diblender sendiri, bukan jus kemasan yang dijual di mini market.

3. Kurangi Permen
Hindari berbagai jenis permen. Permen mengandung berbagai jenis pemanis buatan yang tidak sesuai dengan metode diet Mediterania.

4. Sarapan Sehat
Dapatkan sarapan yang sehat setiap hari dengan buah-buahan segar seperti nanas, stroberi, apel, pir, atau jeruk. Namun hindari pisang dan anggur karena mengandung gula dan karbohidrat cukup tinggi. Buatlah bubur havermut dengan susu skim dan tanpa gula. Kamu juga bisa menambahkan telur dan kacang jika mau.

Jika bosan, bisa mengganti telur dengan ikan bakar atau memasukkan keduanya (telur dan ikan) bila tubuh membutuhkannya. Misalnya saat aktivitas pada hari tersebut akan sangat melelahkan.

5. Camilan Sehat
Dengan melakukan sarapan ala diet Mediterania, pediet diharapkan tidak akan kelaparan selama empat hingga lima jam. Jika kemudian merasa lapar saat bekerja atau beraktivitas, makanlah beberapa wortel yang sudah dikupas atau apel yang sudah dibersihkan.

6. Makan Siang Sehat
Tiga hingga empat jam kemudian, kamu bisa makan siang dengan menu yang mirip seperti sarapan. Beberapa sayuran yang direbus dan sedikit kentang. Untuk menu utamanya, bisa membuat ayam panggang dengan sedikit minyak zaitun. Jangan lupa mengonsumsi salad yang juga menggunakan sedikit minyak zaitun.

7. Makan Malam
Sebelum tidur, makanlah buah-buahan dan minumlah segelas susu skim.

8. Makan dengan Perlahan
Jangan lupa untuk selalu makan dengan perlahan agar tidak mengonsumsi terlalu banyak makanan.

Post a Comment for "Diet Mediterania, Diet Terbaik untuk Mulai Hidup Sehat di 2019"