Skip to content Skip to sidebar Skip to footer

Widget Atas Posting

Inilah 4 Tips Merawat Kulit Agar Tetap Cantik Saat Puasa

Tetap terlihat cantik di waktu apa pun sangat penting bagi wanita, tak terkecuali di saat puasa. Walaupun saat puasa waktu makan Anda menjadi terbatas, namun ini bukan halangan bagi Anda untuk merawat kulit agar tetap cantik saat puasa. Dengan terus menjaga kulit Anda saat puasa, Anda pun akan terlihat lebih cantik saat hari Lebaran tiba.

BACA JUGA:  4 Tips Tetap Olahraga Saat Puasa Yang Agar Badan Sahat

Cara menjaga kulit tetap cantik saat puasa
Untuk menjaga kecantikan dan kesehatan kulit, Anda bisa melakukannya dari dalam dan luar. Beberapa hal yang bisa Anda lakukan agar kulit tetap terlihat cantik saat puasa adalah:

1. Konsumsi makanan yang sehat untuk kulit


Jaga kecantikan kulit Anda dari dalam. Maksudnya, Anda harus mengonsumsi berbagai nutrisi yang diperlukan oleh kulit. Ini merupakan cara terbaik untuk menjaga kulit Anda agar tetap terlihat cantik. Menjaga kulit tetap terhidrasi dengan lapisan lemak yang baik di bawah kulit dapat melindungi kelembaban kulit dari dalam. Untuk itu, Anda perlu mengonsumsi makanan yang mengandung asam lemak omega-3 dan antioksidan.

Antioksidan diperlukan untuk melindungi sel-sel tubuh dari kerusakan akibat radikal bebas. Anda bisa mendapatkan antioksidan dengan mengonsumsi makanan yang mengandung vitamin A, C, dan E. Sehingga, Anda butuh mengonsumsi banyak buah-buahan dan sayuran saat puasa (setidaknya 5 porsi per hari) untuk mendapatkan semua nutrisi ini.

Asam lemak omega-3 juga diperlukan untuk membantu mencegah kerusakan kulit akibat sinar matahari. Anda bisa mendapatkan asam lemak omega-3 dari konsumsi ikan berlemak, minyak ikan, alpukat, kacang almond, hazelnut, minyak zaitun, dan minyak kanola.

2. Jaga asupan cairan Anda

Selain makanan sehat, asupan cairan yang cukup juga diperlukan untuk menjaga hidrasi tubuh dan kelembaban kulit Anda. Untuk itu, Anda perlu mengonsumsi banyak cairan saat puasa. Kekurangan cairan saat puasa dapat membuat kulit Anda menjadi kering, kurang kenyal, kurang elastis, dan mudah berkerut. Setidaknya, Anda disarankan untuk minum sebanyak 8 gelas per hari atau lebih. Walaupun sedang puasa, ini bukan menjadi halangan Anda untuk mencukupi kebutuhan cairan Anda.

3. Jauhi stres

Stres yang tidak terkontrol dapat membuat penuaan sel-sel kulit berjalan lebih cepat dan memicu timbulnya jerawat. Stres pada tubuh dapat memicu respon hormonal di mana tubuh dapat menghasilkan hormon yang memiliki dampak buruk pada kulit, seperti kulit kering, bergaris, dan kendur.

Sehingga, untuk menjaga kesehatan kulit Anda, sebaiknya hindari stres dan tidur yang cukup. Ingat, kurang tidur juga dapat membuat tubuh Anda stres dan lelah. Tidur yang cukup dapat memberi waktu bagi tubuh Anda untuk meremajakan dan memperbaiki sel-sel kulit.

4. Rawat kulit Anda dengan baik

Untuk menjaga kulit dari luar, Anda perlu untuk membersihkan kulit Anda setiap hari, terutama kulit wajah. Mandi dan bersihkan kulit wajah Anda dengan rutin, setidaknya dua kali per hari untuk menjaga kebersihan kulit. Setelah cuci muka, keringkan dengan handuk dengan cara menepuk wajah dengan lembut. Hindari penggunaan sabun yang kuat untuk mandi dan juga cuci muka.

Jika Anda merasa kulit Anda kering, pakai lotion atau pelembab yang sesuai dengan jenis kulit Anda untuk melembabkan kulit. Pilih pelembab yang mengandug SPF untuk pemakaian sehari-hari.

Selain itu, Anda juga perlu melindungi kulit dari sinar matahari. Paparan sinar matahari dapat menyebabkan kulit menjadi keriput, cepat menua, dan masalah kulit lainnya. Untuk melindungi kulit dari sinar matahari, Anda bisa menggunakan tabir surya dengan SPF minimal 15, menghindari sinar matahari antara jam 10-16, dan memakai pakaian yang tertutup.

1 comment for "Inilah 4 Tips Merawat Kulit Agar Tetap Cantik Saat Puasa"